Dihadiri Dirjen, Tukiran, S.H., M.H. Dilantik Jadi Panitera PTA Jawa Tengah

Badilag
Typography

BADILAG.NET - Mantan Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama Tukiran, S.H., M.M. dilantik dan diambil sumpahnya menjadi Panitera Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Jawa Tengah di Semarang, Jumat pagi (9/3/2018). Tukiran dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua PTA Jawa Tengah Dr. H. Bahruddin Muhammad, S.H., M.H.

Setelah pelantikan, Bahruddin mengaku merasa bangga dan bersyukur karena pelantikan yang terasa sangat istimewa.

Pelantikan dihadiri langsung oleh Dirjen Badan Peradilan Agama Dr. H. Abdul Manaf, S.H., M.H., Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Dr. H. Hasbi Hasan, S.H., M.H, beberapa Ketua PTA dan pejabat Eselon III dan IV Ditjen Badan Peradilan Agama.

Hadir pula Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris MS Aceh/PTA seluruh Indonesia, karena pada saat yang bersamaan sedang mengikuti Bimtek Sistem Akreditasi Penjaminan Mutu di kota yang sama.

Menurut Bahruddin, terhitung sejak Mei 2017, jabatan Panitera di PTA Semarang belum terisi. “Dengan dilantiknya Pak Tukiran, Alhamdulillah kekosongan itu telah terisi. Selamat dan sukses atas pelantikan Bapak” ungkapnya.

Bahruddin juga meyakini jika Panitera yang dilantiknya adalah sosok yang istimewa. Selain pernah menjabat Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama, ia juga bertahun-tahun pernah menjabat Panitera/Sekretaris PTA. “Kita tidak meragukan lagi akan pengalaman dan keilmuannya” tegasnya

Saat ini, PTA juga sedang menantikan kehadiran sosok yang dapat menggerakkan program Akreditasi Penjaminan Mutu di wilayah Jawa Tengah. Mengingat, menurut Bahruddin dari 36 Pengadilan Agama, baru 4 Pengadilan Agama yang telah terakreditasi. “Sosok penggerak dan penyemangat itu ada pada dirinya” ungkapnya.

Di saat yang sama, Dirjen Badan Peradilan Agama H. Abdul Manaf menyampaikan jika Akreditasi Penjaminan Mutu merupakan program unggulan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama.

Ia mengharapkan, kedepannya lebih banyak lagi Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah yang terakresitasi. “Dengan akreditasi diharapkan pelayanan pengadilan agama terhadap masyarakat semakin berkualitas” ungkapnya.

Perjalanan Karir
Sebelum dilantik menjadi Panitera PTA Jawa Tengah, sejak November 2013 Tukiran adalah Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama. Ia juga merupakan Sekretaris Ditjen Badilag kedua setelah sebelumnya dijabat oleh Dr. H. Farid Ismail.

Sebelumnya, pria kelahiran Langkat, Sumatera Utara ini pernah pula menjabat sebagai Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama Ditjen Badan Peradilan Agama.

Perjalanan karirnya sebagian besar dihabiskan di Medan, Sumatera Utara. Sebelum bergabung di Ditjen Badan Peradilan Agama, ia adalah Panitera/Sekretaris, Wakil Panitera, Kasubbag Kepegawaian dan Kasubbag Umum PTA Medan. Sempat keluar dari Medan dari Tahun 2003 hingga 2005 saat menjadi Panitera Pengganti PTA Jakarta dan Panitera/Sekretaris PTA Palembang. (hirpan hilmi)