Dilantik Sekretaris MA, Andi Kurniawan Resmi Jadi Sekretaris Badilag

Badilag
Typography

BADILAG.NET - Setelah dilantik oleh Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Achmad Setyo Pudjoharsoyo, S.H., M.Hum. Senin, (4/6/2018), Drs. H. Andi Kurniawan, M.M. resmi menjadi Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Agama. Sebelumnya, Andi Kurniawan menjabat Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jakarta.

Andi menempati kekosongan jabatan yang ditinggalkan oleh Tukiran, S.H.,M.M. yang sejak Maret 2018 menjabat Panitera Pengadilan Tinggi Agama Semarang.

Tidak hanya Andi Kurniawan, disaat bersamaan dilantik pula 6 pejabat Eselon II lain di lingkungan Mahkamah Agung.

Sekretaris MA juga melantik Aviantara, S.H., M.Hum. sebagai Inspektur Wilayah II dan Dwiharso Budi Santiarto, S.H., M.Hum. menjadi Inspektur wilayah IV pada Badan Pengawasan.

Drs. Wahyudin, M.Si. dilantik menjadi Sekretaris Ditjen Badan Peradilan Umum. Rosfiana, S.H., M.H. yang sebelumnya menjabat Sekretaris Pengadilan Negeri Jakarta Barat dilantik menjadi Kepala Biro Perlengkapan pada Badan Urusan Administrasi.

Dua lainnya yaitu Hj. Lulik Tri Cahyaningrum, S.H., M.H. sebagai Direktur Pembinaan Tenaga Teknis dan Administrasi Peradilan Tata Usaha Negara pada Ditjen Badan Peradilan Militer dan Tata Usaha Negara. Sementara itu Edward Tumimbul Hamonangan Simarmata, S.H, LLM, M.T.L menjadi Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan pada Badan Penelitian dan Pengembangan dan Pendidikan dan Pelatihan Hukum dan Peradilan.

Jejak Karir

Lahir di Bangkalan pada tahun 1968, Andi memulai karirnya sebagai abdi negara pada 1 Maret 1993, yaitu sebagai CPNS di PTA Jakarta. Setahun kemudian ia diangkat menjadi PNS.

Jabatan pertama yang Andi emban adalah sebagai Kasubbag Keuangan. Di PTA Jakarta, ia memulai jabatan tersebut pada 2 April 1998.

Pada 23 Maret 2001 Andi dimutasi menjadi Kasubbag Kepegawaian PTA Jakarta. Tiga tahun kemudian di satker yang sama tepatnya pada 31 Agustus 2004, ia diangkat menjadi Kasubbag Umum. Selanjutnya pada 11 Oktober 2005 Andi dilantik menjadi Wakil Sekretaris PTA Jakarta.

Delapan tahun kemudian yaitu pada 19 Maret 2013 Andi Hijrah ke Bandung. Di PTA Bandung, Jabatan yang sama ia emban yaitu sebagai Wakil Sekretaris. Pada 23 Desember 2015 Andi kembali ke PTA Jakarta. Ia dilantik menjadi Kabag Perencanaan dan Kepegawaian. Hingga akhirnya pada tahun 2016 ia dilantik menjadi Sekretaris PTA Jakarta.

Dan kini, Andi resmi menjadi Sekretaris Ditjen Badilag. Sebagai Sekretaris Ditjen Badilag, Andi membawahi tiga Bagian, yaitu Bagian Perencanaan dan Keuangan, Bagian Kepegawaian, Bagian Organisasi dan Tata Laksana, dan Bagian Umum.

Pertemuan Perdana

"Saya masuk di lingkungan peradilan agama tahun 1993 dan sudah 25 tahun saya bertugas di PTA Jakarta ,"ungkap Andi saat memperkenalkan diri di hadapan Pejabat Eselon III, IV, dan staf pegawai bagian Kesekretariatan Ditjen Badilag, di lantai 6,Gedung Sekretariat MA, Selasa (5/6/2018).

Andi juga mengatakan, ia mengikuti Test Assesment untuk jabatan eselon II dan lolos menjadi sekretaris Ditjen Badilag, bukan karena lebih bisa dari peserta yang lain. "Saya lolos karena pernah mempunyai pengalaman mengikuti Test Assesment dan karena takdir Allah,"ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Andi juga meminta untuk bekerja dan belajar bersama-sama, dan diingatkan jika ada hal yang kurang berkenan. "Saya mohon jika selama bertugas nanti, ada hal-hal yang kurang berkenan agar diluruskan,"pinta Andi. (Hirpan Hilmi-Ridwan Anwar / foto:  iwan.K,Rahman Kili)