Pembinaan Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan di Pengadilan Agama Sekayu

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan (PTA Sumsel) Dr. H. M. Syarif Mappiase, S.H., M.H. melakukan kunjungan kerja ke Pengadilan Agama Sekayu (PA Sekayu) pada hari Jum’at (9/2/2018).

Kedatangan Ketua PTA beserta Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Sumatera Selatan Drs. Edison, M. A. tersebut diagendakan untuk memberikan pembinaan kepada Hakim dan Pegawai di lingkungan PA Sekayu.

Dalam memberikan pembinaan di lingkungan PA Sekayu, Ketua dan Sekretaris PTA Sumsel juga menyampaikan beberapa informasi mutakhir yang menjadi kebijakan Mahkamah Agung RI saat ini, dimana telah disampaikan sebelumnya pada rapat koordinasi Ditjen Badilag dengan Mahkamah Syariah Aceh/Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia, yang baru saja selesai diikutinya pada hari Senin hingga Rabu (5-7/2/2018) lalu, di Bekasi.

Baca Juga : Pembinaan Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama pada PA sewilayah PTA Sumsel

Rapat pembinaan oleh Ketua PTA Sumsel diikuti oleh Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, dan Pegawai beserta Tenaga Honorer sebanyak 37 orang yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sekayu, Jalan Merdeka Lingkungan I Nomor 497, Sekayu.

Dalam arahannya, Ketua PTA Sumsel Dr. H. M. Syarif Mappiase, S.H., M.H. menyampaikan amanat Sekretaris Mahkamah Agung A. S. Pudjoharsoyo, S.H., M.H. saat membuka rapat koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2018 di Bekasi, Senin (5/2/2018).

Ia mengatakan, bahwa Sekretaris Mahkamah Agung sangat menekankan pentingnya kekompakan empat pimpinan Pengadilan.

“Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris Pengadilan adalah empat pimpinan yang merupakan satu kesatuan, di mana keempat Pimpinan Pengadilan itu harus dapat bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik untuk menyukseskan tugas pokok dan fungsi lembaga peradilan dalam menerima, memeriksa, memutus dan menyelesaikan perkara.” katanya, menyampaikan arahan Sekretaris Mahkamah Agung saat rakor.

Dalam kunjungan kerja pertamanya ke PA Sekayu, Ketua PTA Sumsel yang didampingi Sekretaris PTA Sumsel Drs. Edison, M. A. mengutamakan waktu untuk meninjau pembangunan Gedung Kantor PA Sekayu Tahun Anggaran 2017 yang telah selesai dilaksanakan. Tata letak setiap ruangan yang terdapat di lantai satu dan lantai dua menjadi objek peninjauan Pimpinan dan Sekretaris PTA Sumsel.

Selanjutnya ia kemudian melihat hasil pelaksanaan pengadaan peralatan dan fasilitas perkantoran Tahun Anggaran 2017 yang telah selesai dilaksanakan. Ia pun melihat langsung penataan meja resepsionis dan pengaduan, meja pelayanan perkara, meja informasi, ruang kasir dan bendahara perkara, ruang sidang satu dan dua, meja kerja dan kursi pimpinan/pegawai, CCTV dan proyektor ruang pertemuan.

Sambil melakukan peninjauan ia menanyakan kesiapan pembangunan lanjutan Gedung Kantor PA Sekayu Tahun Anggaran 2018. Menjawab hal ini, Sekretaris PA Sekayu Sudarman, S.Ag., M.H. menyampaikan rencana pembangunan sarana dan lingkungan di PA Sekayu tersebut. Kepada Ketua dan Sekretaris PTA Sumsel ia mengatakan pembangunan halaman dan pagar akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Selain melaporkan perkembangan pembangunan PA Sekayu, persiapan pelaksanaan SAPM (Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu) pada PA Sekayu juga ikut dilaporkan kepada Ketua dan Sekretaris PTA Sumsel.

Panitera PA Sekayu Yuli Suryadi, S.H., M.M. yang menyampaikan laporan terkait SAPM telah menginformasikan tentang kesiapan dokumen bidang Administrasi Manajemen, dokumen bidang Administrasi Kesekretariatan serta dokumen bidang Administrasi Kepaniteraan.

| Tim IT Pengadilan Agama Sekayu