Sidebar


Notice: Trying to get property 'id' of non-object in /home/pasekayu/public_html/modules/mod_menu/mod_menu.php on line 20

Magazine menu


Notice: Trying to get property 'id' of non-object in /home/pasekayu/public_html/modules/mod_menu/mod_menu.php on line 20

Follow-up Hasil Pengawasan dan Evaluasi Persiapan Asesmen APM, PA Sekayu Adakan Rakor

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.IDRabu (10 Juli 2019), Wakil Ketua PA Sekayu, Waluyo, S.Ag., M.H.I., bersama Panitera (Yuli Suryadi, S.H., M.M.) dan Sekretaris (Sudarman, S.Ag., M.H.), memimpin rapat koordinasi rutin yang dilaksanakan di aula PA Sekayu. Dalam kesempatan ini, agenda utama adalah follow up hasil pengawasan yang dilakukan Hatibinwasda (Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah), evaluasi persiapan asesmen APM, dan evaluasi realisasi Anggaran Triwulan II.

Diawali dengan pembahasan hasil pengawasan Hatibinwasda, Panitera PA Sekayu membeberkan, “Hasil pengawasan ini menjadi dasar untuk terus memperbaiki dan menyempurnakan tupoksi dan cara kerja kita dalam melayani masyarakat dengan lebih baik.” “Semua bidang pengawasan hampir seluruhnya terdapat hal-hal yang mesti disempurnakan, mulai dari meja 1 sampai meja 3, kepaniteraan, bagian keuangan, termasuk bagian umum juga ada”, tambahnya.

Baca Juga: Rampung Pembinaan dan Pengawasan, Hatibinwasda Puas & Senang dengan PA Sekayu

Khusus kepada para panitera pengganti, Panitera menekankan dan berpesan untuk jangan sampai lupa menandatangani berita acara sidang, “Sesegera mungkin setelah dicetak, langsung tanda tangani, siapa tahu jika belum bapak ibu ditandatangani, besoknya ternyata kita sudah tidak bisa tanda tangan, mau minta tanda tangan siapa kalau sudah begitu? Kalau pun ada koreksi dari Majelis Hakim, biasa lah itu, tidak perlu jadi masalah.”

Waka PA Sekayu paparkan kiat asesmen APM

Selanjutnya Wakil Ketua PA Sekayu, yang juga otomatis menjabat sebagai Ketua Tim APM (Akreditasi Penjaminan Mutu), menyampaikan rasa syukurnya setelah melihat eviden-eviden yang telah dikumpulkan secara “beguyur” oleh seluruh pegawai dan pejabat di PA Sekayu. “Jika kita bisa tetap bekerja cerdas seperti ini, Insya Allah kita tidak perlu berlembur-lembur mempersiapkan segala hal yang berkaitan dengan asesmen APM. Karena di satker sebelumnya kami harus lembur dan itu sangat melelahkan.” kenang pak Wakil. Beliau menambahkan, “Meskipun demikian, karena ini termasuk kerja besar, Saya harapkan kita sama-sama bekerja dan bekerja sama, apalagi personil kita banyak berkurang. Kita evaluasi secara bertahap, kita lengkapi apa yang masih kurang. Insya Allah pada waktunya, kita benar-benar siap menyambut kehadiran assessor eksternal.”

Baca Juga: Gerak Cepat, PA Sekayu Evaluasi Pelaksanaan APM, ZI dan Penyelesaian Perkara

Pegawai PA Sekayu serius mengikuti rakor

 

Pada sesi ketiga, giliran Sekretaris PA Sekayu, menyampaikan realisasi belanja anggaran selama triwulan II. Disebutnya, “Sekarang zaman sudah berubah, transparansi bukan lagi sebuah tuntutan, tetapi sudah menjadi kebutuhan. Tidak perlu lagi ada hal-hal berkaitan anggaran yang harus ditutup-tutupi”, ujarnya. Kemudian karena sudah berjalan satu semester, idealnya belanja anggaran harus mencapai 50%. “Alhamdulillah, belanja kita sudah di atas 50%, kecuali pagu anggaran untuk gaji pegawai, karena banyak dari pegawai dan hakim PA Sekayu yang mutasi. Selain itu kita juga dapat tambahan anggaran belanja untuk internet cukup besar, sehingga persentase realisasinya turun menjadi 49%, padahal sebelumnya sudah lebih dari 50%”, demikian eksposnya.

Rakor ini, bukan berjalan searah saja dengan penyampaian hal-hal di atas, ada pula beberapa pertanyaan dan klarifikasi dari beberapa pegawai, yang kemudian selesai ditanggapi oleh pimpinan rapat.

(Humas PA Sekayu)