Sidebar


Notice: Trying to get property 'id' of non-object in /home/pasekayu/public_html/modules/mod_menu/mod_menu.php on line 20

Magazine menu


Notice: Trying to get property 'id' of non-object in /home/pasekayu/public_html/modules/mod_menu/mod_menu.php on line 20

Wakil Ketua PA Sekayu Ikuti Seminar Nasional Hut ke-66 IKAHI

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - PP IKAHI (Pengurus Pusat Ikatan Hakim Indonesia) kembali mengadakan Seminar Nasional dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT IKAHI) ke-66, dengan tema “Ikahi Berkomitmen Menegakkan Integritas Hakim dalam Peradilan Modern”, dan PA Sekayu pun mendapat undangan mengikutinya.

Sesuai undangan, Wakil Ketua PA Sekayu (Pengadilan Agama Sekayu), Suryadi, S.Ag., S.H., M.H., pun menghadiri Seminar Nasional IKAHI tersebut, Rabu  (20/3/2019), di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara.

Seminar semacam ini penting sekali untuk diikuti, karena hasil rumusannya dapat dijadikan sumbangan pemikiran untuk pengembangan hukum di Indonesia. Bahkan nantinya, secara tidak langsung kegiatan ini akan membawa dampak positif yang sangat besar terhadap integritas Hakim.

Baca Juga : Peringati HUT Ke- 65, Ikahi Gelar Seminar Nasional

Tidak ingin menyiakan kesempatan, sebagai seorang hakim yang merupakan peserta dalam kegiatan tersebut, ia pun manfaatkan forum untuk menimba ilmu secara maksimal, sekaligus menjadi peserta yang secara aktif mengungkapkan gagasan dan pemikirannya.

Secara global, seminar yang bertajuk "Perlindungan Hukum terhadap Konsumen dan Pelaku Usaha dalam Transaksi Elektronik di Era Teknologi Digital”, dikuti oleh kurang lebih 1.000 hakim dari seluruh Indonesia, mulai Pimpinan MA (Mahkamah Agung), Hakim Agung, Ketua Umum IKAHI dan seluruh pengurusnya, Pimpinan Pngadilan Tingkat Banding 4 Lingkungan Peradilan, Hakim Tinggi, dan Pimpinan Pengadilan Tingkat Pertama 4 Lingkungan Peradilan.

Dalam seminar itu tampil Agung Nugroho (CEO & Co-Founder PT Kudo Teknologi Indonesia), Rosalia Suci Handayani, S.H., LL,M.  (Direktur Eksekutif Kepala Departemen Hukum Bank Indonesia), Prof. Dr. drg. Chairul Tanjung (Guru Besar Fakultas Ekonomi Unair - CEO CT Corp.), Dr. Edmon Makarim, S.H., S.Kom., LL,M. (Pakar Hukum Telekomunikasi, Media & Informatika), dan Prof. Rhenald Kasali, P.hD. (Guru Besar Fakultas Ekonomi UI).

Ketua KY (Komisi Yudisial), Menteri Hukum dan HAM, perwakilan Polri, perwakilan Kejaksaan, Menteri Keuangan, dan yang lainnya turut hadir dalam acara yang diawali dengan doa dan pemotongan tumpeng, sebagai tanda syukur atas usia dan dedikasi, yang bisa terus diberikan IKAHI untuk Indonesia.

Ketua Mahkamah Agung (MA), Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H., memberikan pengarahan kepada seluruh anggota IKAHI. Ia mengingatkan seluruh hakim, supaya terus menjaga integritas dan berpegang teguh pada kode etik hakim.

Integritas perlu ditekankan sebagai kata kunci terhadap legitimasi lembaga peradilan. Sebab, sikap integritas, menurutnya, dapat mewujudkan kepercayaan publik terhadap lembaga peradilan, sehingga marwah lembaga peradilan dapat selalu diterima di tengah masyarakat.

"IKAHI akan terus mendorong, agar para hakim senantiasa menjaga integritasnya, berpegang teguh pada kode etik dan perilaku hakim, karena integritas inilah yang akan mengangkat marwah lembaga keadilan di tengah-tengah masyarakat," imbuhnya di akhir sambutan.

Selain seminar nasional, kegiatan lain dalam memeriahkan ulang tahun organisasi yang berdiri 20 Maret 1953 ini, diisi dengan sunatan massal, donor darah, sosialisasi hukum ke sejumlah universitas dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu