Sidkel PA Sekayu Tahap I Di Wilayah Banyuasin

Berita Utama
Typography

PA-SEKAYU.GO.ID - Pengadilan Agama (PA) Sekayu telah menjadwalkan kembali kegiatan Sidang Keliling Tahun 2018 dalam Surat Keputusan Wakil Ketua PA Sekayu Nomor W6-A7/522/HK.05/II/2018 tanggal 01 Februari 2018 tentang Tim dan Lokasi Sidang Keliling PA Sekayu di Kecamatan Talang Kelapa Kabupaten Banyuasin dan Kecamatan Sungai Lilin Kabupaten Musi Banyuasin Tahun 2018.

Dalam Surat Keputusan tersebut, PA Sekayu menjadwalkan Sidang Keliling sebanyak sembilan kali dalam enam hari pada setiap Jum’at nya, masing-masing pada tanggal 23 Februari 2018, 2, 9, 16, 23 Maret 2018 dan terakhir pada 6 April 2018 mendatang, yang pelaksanaannya dipusatkan di gedung sementara PA Pangkalan Balai, Jalan Raya Palembang Betung Km. 18 Sukajadi, Kabupaten Banyuasin.

Di lembaga peradilan, Sidang Keliling telah diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia (Perma) Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Pengadilan.

Menurut Perma Nomor 1 Tahun 2014, Sidang Keliling/Sidang di Luar Gedung Pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada di dalam wilayah hukumnya tetapi di luar tempat kedudukan gedung Pengadilan dalam bentuk sidang keliling atau Sidang di Tempat Sidang Tetap.

Baca Juga : Sinergi Evaluasi Kinerja 2017 di Kepaniteraan dan Kesekretariatan PA Sekayu

Selain itu, pelaksanaan Sidang Keliling juga diatur dalam Perma Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

Wakil Ketua PA Sekayu Yunadi, S.Ag., saat dijumpai di ruang kerjanya, Jum’at (23/3/2018) menuturkan bahwa, semua aturan-aturan ini dibuat adalah dalam rangka memberikan akses yang seluas-luasnya kepada masyarakat, baik masyarakat yang mampu, tidak mampu, kelompok yang termarjinalkan, perempuan dan anak, penyandang disabilitas serta masyarakat yang mengalami kendala ekonomi dan geografis lainnya.

Masih mengenai hal ini lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, Perma 1 Tahun 2015 juga mengatur mengenai tata cara pemanggilan pihak, baik melalui media yang dimiliki pengadilan, berupa email, website, papan pengumuman dan pemanggilan kolektif melalui kepala desa.

Selain itu didalam Perma ini, Majelis Hakim didampingi satu orang panitera pengganti, satu orang Jurusita Pengganti, serta satu orang petugas administrasi.

Sehubungan dengan hal ini, Sekretaris PA Sekayu Sudarman, S.Ag., M.H., membeberkan bahwa dalam DIPA PA Sekayu Tahun Anggaran 2018 terdapat alokasi sebesar Rp 35.000.000,- (tiga puluh lima juta rupiah) untuk biaya Penyelesaian Perkara di Luar Gedung Pengadilan.

Menurutnya alokasi tersebut akan digunakan untuk menyerap penyelesaian sebanyak 100 perkara Sidang Keliling. Namun dalam realisasinya nanti tidak menutup kemungkinan apabila penyerapannya melebihi dari 100 perkara seperti pada tahun 2017 yang lalu, dimana penyerapan alokasi anggaan dapat menyelesaikan sebanyak 200 perkara dari 100 perkara yang ditargetkan.

| Humas Pengadilan Agama Sekayu